Jumat, 29 Agustus 2008



Hanna, kamu menang MKH!

Subyek email yang masuk dari “non drama” itu sempat membuatku bengong sejenak, apa lagi sih ini? Untung belom sampe di delete langsung keingetan MKH singkatan dari Mamaku Koki Handal, trus pengirimnya pasti mom Depe, moderator milis mpasi rumahan yang kalo ga salah kerja di divisi non drama di Indosiar.

Assikkkkk…ternyata mama Jeremy menang tantangan MKH bulan Agustus dengan resep berbahan utama KELAPA.

Awalnya, tantangan dari mama koki hanya dibaca sekilas setiap saya buka milis mpasi rumahan. Jangankan ikutan tantangan, kasi saran ke ibu-ibu di milis soal menu makanan anaknya aja seringkali ga pede kok. Apalagi baca komentar ibu-ibu hebat di milis bilang resep dari bahan kelapa susah, ya bikin saya langsung mikirnya yang ribet-ribet. Jeremy selama ini juga belum pernah diperkenalkan sama santan dan kelapa.

Menjelang hari terakhir deadline pengiriman resep belum satupun peserta yang masuk. Moderator makin semangat ngingetin kami untuk berani terima tantangan mama koki. Iseng-iseng mikirin makanan apa yang terbuat dari kelapa yang saya kenal, kok yang saya ingat cuma bothok.

Akhirnya sore itu yang seharusnya saya berkutat dengan berita menjelang deadline (maklum saya bekerja di koran ekonomi yang deadlinenya sangat tidak manusiawi huehehe) malah asik menyusun resep bothok teri medan (buat bayi kayanya ga mungkin pake teri jengki deh).

Besoknya pas banget weekend jadi skalian bisa nyobain resep. Malamnya juga udah pesen-pesen bahan ke asisten. Ternyata teri medan segar yang saya pesan sedang kosong, hanya ada teri yang sudah dikeringkan yang pastinya mengandung garam. Untung inget manfaatin isi kulkas yang kebetulan ada persediaan salmon. Mulailah proses memasaknya. Ga susah sama sekali & cepet, paling ribet justru proses packagingnya yang harus dibungkus daun pisang, padahal porsinya mungil-mungil. Untung asisten saya tangannya lebih lihai daripada saya karena udah biasa bikin pepes.

Hasil akhirnya memuaskan. Saya juga baru tahu keunggulan resep ini rasa amis salmon hilang sama sekali. Rasanya juga enak, dihidangkan dengan nasi tim hangat & sayur kukus…eehhhmmmmm yummy..apalagi Jeremy doyan banget, dimakan sampe piringnya licin huehehehe….ga takut lagi deh bermanuver di dapur..terimakasih mama koki & milis mpasi rumahan

sekalian deh saya share resep Bothok Salmon yah:

Untuk Bayi mulai 10 Bulan

Bahan:

30 gr salmon, cacah

1/8 butir kelapa muda parut

Unsalted butter

1 butir telor (kalo di bawah setahun pake kuningnya aja)

Lengkuas, potong kecil

Daun salam

Daun pisang

Bumbu halus:

2 siung bawang merah

1 siung bawang putih

Cara membuat:

Tumis bumbu halus dengan unsalted butter hingga harum. Campur bumbu halus dengan parutan kelapa, salmon cacah, dan telor. Siapkan daun pisang yang diberi 1 lembar daun salam dan sepotong lengkuas kecil, timpa dengan adonan satu sendok makan. Bungkus dan semat dengan lidi.

Kukus kira-kira 20 menit dengan api sedang.



1 komentar:

mia mengatakan...

Koki handal???? yang bonengggggg???? kikikikikik

 
Designed by Lena