Rabu, 26 Maret 2008

selamat jadi sarjana asix, nak!



akhirnya jeremy kecilku lulus lulus asi eksklusif….berkat dukungan dari keluarga & smart parents dari milis asi for baby & milis sehat memberikan asi-x bagi ibu bekerja bukan hal mustahil. memang bukan hal gampang, tapi ternyata bisa kalo didasari niatan yang kuat. tulisan ini menjadi kado untuk kelulusan jeremy. saat dia besar nanti dia akan tau betapa ibunya berusaha memberikan yang terbaik untuknya: ASI!

masih ingat kan nak begitu kamu lahir tanpa dimandikan masih dengan muka berlemak suster irene langsung membaringkanmu di perut mama. walaupun mama udah pernah baca tentang inisiasi menyusui dini tapi sama sekali tidak terbayang prosesnya akan seperti itu. ajaib waktu mulut mungilmu perlahan mulai menghisap, walaupun cuma sebentar karena akhirnya kamu tertidur kelelahan tapi selamanya moment itu tak terlupakan

empat hari di rs carolus kamu tidur di box kecil di samping tempat tidur mama, kadang kita berdua juga berdempetan di ranjang rumah sakit yang kecil, tapi kamu sangat nyaman saat mama memelukmu. sekarang baru mama tau pentingnya rooming in bagi bayi & ibu. terus belajar menyusu & menyusui. seterampil apapun suster penjaga bayi, si kecil juga pastinya lebih nyaman bersama mamanya sendiri. hari ketiga dokter bilang kadar bilirubinmu tinggi, jadi harus disinar selama 18 jam. obat lainnya? asi..asi..dan asi..semalaman kamu disinar di tempat tidur mama. karena ga kuat ikut disinar, mama tidur di sofa sebelah tempat tidur tapi setiap jamnya bangun untuk menyusui kamu. untung ada papa yang terus menemani kita saat itu. besoknya kadar bilirubinmu kembali normal jadi diizinkan pulang…yippee..

pulang dari rumah sakit, common problems ibu menyusui seperti lecet, bengkak, demam mulai muncul. sayang mama telat ikutan milis asi for baby jadi waktu itu kebingungan & ga tahu bahwa itu masalah yang biasa. untung ada klinik laktasi di rs carolus yang membantu mama. bengkak & demam hilang tapi lecet masih tetap ada sampai 1,5 bulan menyusui. tak jarang sambil menyusui kamu mama menangis, sakit sekali. sekali lagi, kita beruntung dikelilingi orang-orang yang terus memberikan dukungan: papa, eyang uti, bunda & budhe-budhe yang terus kasih semangat mama menyusui kamu. kata-kata paling sakti dari papamu kalo mama sudah putus asa menyusui : “ga usah dipaksakan, kalo ga kuat kita beli susu tambahan aja.” langsung mama semangat lagi menyusui kamu, ga rela jagoan mama minum susu formula

masih ingat kan nak, waktu mama akhirnya harus kembali bekerja. beberapa hari pertama kamu ga mau minum asi perah yang mama siapkan. berbagai cara dicoba mulai dari sendok, cangkir medela, softcup medela, sampai pipet kamu ga pernah mau. akhirnya terpaksa pakai dot, puji Tuhan sampai hari ini kamu ga pernah bingung puting (nipple confusion)

beberapa hari bekerja mama langsung mendapat penugasan ke surabaya selama dua hari. stok asip tidak mencukupi. malam harinya karena acara sudah selesai mama minta untuk pulang lebih dulu, walaupun cuaca sangat jelek. tapi untungnya mama pulang karena sampai di rumah stok asi hanya tinggal 2 botol. kembali mendapat penugasan ke singapura menjelang hari kelulusanmu sebagai sarjana asi (ini gelar yang diberikan ibu-ibu milis asi for baby untuk anaknya yang sudah lulus asix) disusul tugas ke aceh membuat mama panik, stok asi benar-benar krisis. akhirnya papa mendapatkan 300ml asi donor di bekasi.(thx 2 mba diah)

akhirnya 21 maret kamu lulus asi eksklusif…
puas, bangga, bersyukur campur aduk. perjuangan memerah asi di sela-sela kesibukan bekerja tidak sia-sia. hasilnya? sampai umur 6 bulan ini kamu sekalipun belum pernah minum obat. orang disekitarmu pingpong virus flu kamu tetap sehat. semoga mama bisa memberimu asi sampai jeremy sendiri yang bilang sudah ga mau lagi menyusu dari mama…

seringkali ditanya apa asinya cukup, apalagi kan dedenya cowok? Aduh dedenya gendut ya, minum susunya apa? hah asi aja, berarti asinya cocok ya? apa gizi asi cukup, ga perlu tambahan susu formula yang ada kandungan AA, DHA, dsb?
aduh hari gene akses informasi kan sangat mudah. coba aja ketik di google kata kunci ‘asi’, atau ‘kandungan asi’ banyaaaakkkk banget info tentang ini. supaya lebih banyak belajar soal asi, ikutan milis asi for baby & milis sejat, smart parents di milis itu pasti siap membantu kalo ada kesulitan. lagian pede dong, Tuhan memberikan kita asi pasti cukup & jelas cocok untuk anak. tanpa kita kutak-katik kandungan asi mengikuti pertumbuhan anak. walaupun asi saya lagi seret karena beberapa kali telat memerah saya berusaha tetap pede asi saya akan cukup untuk jeremy. ingat..breastfeeding is about the mind game!

di sela acara perah-memerah asi sering dapet komentar: lo mau punya anak berapa han, ribet bener.
apa bener ribet? selama enam bulan asi eksklusif adalah masa-masa paling praktis. mau pergi? tinggal bawa badan aja. jeremy nangis minta makan tinggal sodorin kelar deh, ga perlu bawa termos, botol susu, dsb. suhunya jelas sesuai dengan kebutuhan anak, ga pernah terlalu panas atau terlalu dingin. porsi juga sesuai kebutuhan anak, praktis kan?oke kalo pada ngotot asi itu ribet ya saya tinggal balikin pertanyaannya: mau punya anak kok ga mau ribet…hwehehehe

selain asi membuat anak lebih imun, yang tak tergantikan adalah bonding yang kuat antara ibu & bayinya. saat menyusui jeremy otomatis saya memeluknya. mata kami saling bertatapan *halah bahasanya*, kadang tangan mungilnya sambil meraba wajah saya, percaya deh lelah saya seharian bekerja seketika hilang. saya juga akan sangat merindukan saat-saat seperti ini jika nanti jeremy sudah tidak lagi menyusu.

mau tau kegemaran baru saya sejak menyusui? jalan-jalan ke carefour sengaja lewat di deretan susu formula, harganya yang nonjok bikin saya senyam-senyum sendiri. jadi tambah satu lagi keuntungan asi: ekonomis!!!

hanya 1 dari 1000 ibu yang tidak menyusui bayinya karena sakit. tapi karena minimnya pengetahuan (atau males ribet seperti yang sudah dibahas di atas) hanya 14% ibu memberikan susu eksklusif untuk anaknya. harga susu formula boleh meroket, tapi selama ibu memberikan asi untuk anaknya dijamin tidak akan ada kasus gizi buruk. jadi tunggu apa lagi, penuhlah hak bayi, susuilah mereka...
While breastfeeding may not seem the right choice for every parent, it is the best choice for every baby

Tidak ada komentar:

 
Designed by Lena